Cegah Kanker Payudara dengan 7 Langkah Mudah Ini

Cegah Kanker Payudara dengan 7 Langkah Mudah Ini
Cegah Kanker Payudara dengan 7 Langkah Mudah Ini

jpnn.com - KANKER payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh wanita di Indonesia. Meskipun demikian, beberapa langkah mudah dapat dilakukan untuk menghindari munculnya risiko penyakit ini.

Berikut 7 langkah mudah untuk mencegah kanker payudara

1. Melakukan pekerjaan rumah

Para ahli mengatakan bahwa menjadi aktif akan mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker payudara. Aktif bergerak akan mengurangi jumlah sel-sel lemak yang bertanggung jawab untuk melepas hormon seperti estrogen dan testosteron, serta mendorong pertumbuhan tumor.

"Wanita paling tidak harus menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga, sebab kebiasaan ini dapat mengurangi risiko kanker payudara setidaknya 20 persen. Jika memang tidak sempat, biasakan untuk melakukan pekerjaan rumah sendiri setiap harinya sebagai bentuk ganti latihan," kata Eluned Hughes dari UK's Breakthrough Breast Cancer, seperti dilansir laman Times of India, Minggu (17/11).

2. Menyusui

Analisis statistik kanker yang dilakukan World Cancer Research Fund menemukan bahwa wanita yang menyusui selama setahun selama hidupnya 5 persen lebih rendah risikonya untuk terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak menyusui sama sekali. Bahkan semakin lama seorang wanita menyusui, maka semakin rendah peluangnya untuk terkena penyakit ini.

Diperkirakan menyusui dapat menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan kanker dalam darah ibu. Setiap kali menyusui, tubuh membuang sel-sel rusak yang bisa berubah menjadi kanker.

KANKER payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh wanita di Indonesia. Meskipun demikian, beberapa langkah mudah dapat dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News