Cegah Orang Luar Pimpin Papua, Gubernur Wacanakan Perdasus

Cegah Orang Luar Pimpin Papua, Gubernur Wacanakan Perdasus
Cegah Orang Luar Pimpin Papua, Gubernur Wacanakan Perdasus
MANOKWARI - Penjabat (Pjt) Gubernur Papua, Syamsul Arief Rivai mewacanakan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) untuk mengantisipasi molornya pemilihan umum gubernur Papua. Menurutnya, selain untuk mengatur tata cara pemilihan seperti persyaratan, Perdasus juga nantinya untuk mendukung bahwa yang berhak menjadi gubernur dan wakil gubernur wakil Papua adalah orang asli Papua sendiri.

‘’Kita (Provinsi Papua) buat (Perdasus pemilihan gubernur-wakil gubernur). Itu soal masing-masing daerah barang kali,’’ tandas Syamsul Arief menjawab pertanyaan Manokwari Pos,saat ditemui di Aston Niu Hotel, Manokwari usai menghadiri pelantikan gubernur-wakil gubernur Papua Barat.

Menurut Syamsul, Perdasus tentang Tata Cara Pemilukada gubernur-wakil gubernur sudah disampaikan ke Kemendagri untuk diklarifikasi dan dievaluasi. ‘’Jadi kita tunggu dulu itu turun dulu. Papua itu ada mekanisme. Perdasus yang akan menjadi pendoman  pada penetapan calon dan pengaturan waktu.Mungkin perbaikan atau apa,kalau sudah clear,maka tahapan Pemilukada dilanjutkan,’’ jelas Syamsul Arief.

   

Dikatakannya, bila tahapan dan Perdasus sudah selesai diklarifikasi dan dievaluasi Kemendagri, maka direncanakan Maret 2012 nanti, pemungutan suara sudah dapat dilaksanakan. ‘’Kalau ada coretan (Perdasus) maka kita bisa lakukan perbaikan dan kembali konsultasi,’’ ujarnya.(lm/awa/jpnn)

MANOKWARI - Penjabat (Pjt) Gubernur Papua, Syamsul Arief Rivai mewacanakan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) untuk mengantisipasi molornya pemilihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News