Cegah Penularan Virus Corona, Puluhan PNS dan PPSU Jalani Tes Kesehatan, Hasilnya?

Cegah Penularan Virus Corona, Puluhan PNS dan PPSU Jalani Tes Kesehatan, Hasilnya?
Petugas tiga pilar (Pemda, Polisi dan TNI) Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan bersiaga di pos penanggulangan bencana, Senin (23/3/2020). Foto: ANTARA/HO-Lurah Manggarai

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 60 Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) dan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan menjalani tes kesehatan guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

“Langkah ini kami ambil sebagai upaya antisipasi untuk memastikan seluruh ASN dan PPSU di Kelurahan Manggarai dalam kondisi sehat walafiat," kata Lurah Manggarai, Budi Santoso, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (24/3).

Budi menjelaskan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan atas inisiatif kelurahan guna mencegah penularan Virus Corona COVID-19 dengan memastikan kondisi kesehatan para petugas di kelurahan.

Pemeriksaan dilakukan dengan mendatangi dua dokter umum dari Puskesmas Manggarai, pemeriksaan kesehatan dasar yang dilakukan seperti pengukuran tekanan darah, pengukuran suhu tubuh dan cek kolestrol.

"Alhamdulillah, hasil pengecekan semua pegawai Kelurahan Manggarai dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, tidak ada yang perlu dilakukan tes lanjutan (SWAP)," kata Budi.

Menurut Budi, selain melakukan pemeriksaan kesehatan, Kelurahan Manggarai juga menjalani kebijakan pemerintah dalam upaya percepatan penanganan wabah Virus Corona COVID-19 yakni dengan melakukan kerja dari rumah atau 'work from home'.

Kerja dari rumah mulai diberlakukan terhitung sejak Jumat (20/3) khususnya untuk petugas pelayanan teknis seperti perizinan, layanan administrasi kependudukan dan unit pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPAP).

"Semua layanan tatap muka dialihkan secara daring, seperti layanan Adminduk lewat aplikasi Alpukat Betawi," katanya.

Untuk mencegah penularan virus corana (Covid-19), puluhan PNS atau aparatur sipil negara (ASN) dan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan menjalani tes kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News