Cegah Penyakit Jantung Bawaan dengan Menghindari Faktor Risikonya

Cegah Penyakit Jantung Bawaan dengan Menghindari Faktor Risikonya
RS Premier Bintaro menyelenggarakan Seminar Awam yang bertajuk Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan sejak Janin, Bayi, dan Anak-anak. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Congenital Heart Disease Awareness Week berlangsung pada tanggal 7-14 Februari setiap tahunnya.

Untuk memperingatinya, RS Premier Bintaro menyelenggarakan Seminar Awam yang bertajuk Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan sejak Janin, Bayi, dan Anak-anak.

Seminar yang diadakan di RS Premier Bintaro pada hari Minggu, 18 Februari 2024 ini, dihadiri 125 peserta.

Untuk pemaparan materi disampaikan oleh tiga orang dokter spesialis yang ahli di bidangnya, yaitu dr Didi Danukusumo, Prof. Dr. dr. Najib Advani, dan dr. Febtusia Puspitasari.

Congenital Heart Disease atau yang biasa disebut dengan penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan kelainan jantung yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir.

Pola makan, kondisi kesehatan atau penggunaan obat ibu selama kehamilan, serta merokok selama kehamilan dapat memicu penyakit jantung bawaan pada janin.

Kemudian untuk faktor resiko pada janin antara lain kelainan gen atau kromosom, kelainan irama jantung, penebalan tengkuk serta plasenta pada kehamilan 1 telur.

Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat 0.8mg dapat membantu mencegah penyakit jantung bawaan.

RS Premier Bintaro akan membuka layanan unggulan baru untuk penyakit jantung yang saat ini masih dalam proses penggarapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News