Cegah Penyakit Kronis, TNI AL Gandeng Laboratorium Cito-BPJS

Cegah Penyakit Kronis, TNI AL Gandeng Laboratorium Cito-BPJS
Lanal Yogyakarta menggelar pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta dan BPJS wilayah Yogyakarta melakukan pemeriksaan kesehatan. Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, YOGYAKARTA - Dalam upaya mencegah penyakit kronis serta meningkatan taraf kesehatan anggota dan keluarga, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar pemeriksaan kesehatan bagi prajurit dan masyarakat di sekitar Lanal Yogyakarta. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Lanal Yogyakarta bekerja sama dengan laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Yogyakarta.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Ketua dan Pengurus Jalasenasti Cabang 8 Korcab V ini berlangsung di Aula Jalasenasti Cabang 8 Lanal Yogyakarta, Jalan Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta, Senin (9/7).

Cegah Penyakit Kronis, TNI AL Gandeng Laboratorium Cito-BPJS

Menurut Ketua Cabang 8 Korcab V, Ny. Arya Delano mengatakan pemeriksaan kesehatan diikuti anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) sebanyak 9 orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita sebanyak 16 orang serta Pengurus dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta sebanyak 34 orang.

Kegiatan tersebut melibatkan delapan staf medis dari Laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta. Tes meliputi pemeriksaan Papanicolau Smear atau biasa disingkat Pap Smear. Tujuannya untuk mengindentifikasi adanya sel kanker atau pra kanker leher rahim (serviks).

Pemeriksaan dan deteksi kanker payudara melalui metode Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari), dimana penyakit tersebut merupakan penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di dunia dari jenis kanker yang menyerang wanita kategori aktif secara seksual berumur 18 tahun keatas.

Adapun pemeriksaan kesehatan rutin oleh 4 staf medis Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta dipimpin dokter muda BK Lanal Yogyakarta, dr. Tri Hasturi meliputi pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat.

Sementara itu Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano melalui Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan taraf kesehatan keluarga besar Lanal Yogyakarta.

Tingkat kesehatan yang baik dalam keluarga akan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian kehidupan yang berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News