Cegah Stunting, Begini Saran Dokter Citra, Laki-laki Juga Wajib Baca Nih

Cegah Stunting, Begini Saran Dokter Citra, Laki-laki Juga Wajib Baca Nih
Dokter dari Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU), dr Hj Citra Fitri Agustina. Foto: Dok. Humas PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Dokter dari Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU), dr Hj Citra Fitri Agustina mengatakan berbicara tentang pencegahan stunting tidak bisa hanya menyudutkan perempuan.

Untuk mencegah lahirnya anak stunting memang dimulai dari proses pertumbuhan anak dari dalam kandungan. Namun itu juga didukung oleh kualitas bibit yang dalam hal ini dipengaruhi oleh kualitas sp*rma.

“Pencegahan stunting jangan hanya menyalahkan perempuan. Selama ini yang terus diintervensi adalah ibu. Misalnya ibu diminta makan telur selama hamil,” kata dokter Civi, sapaan akrabnya dalam keterangan pers Humas PBNU, Kamis (18/2/2021).

Dokter Civi menegaskan ada pengaruh nutrisi dari pria sebaga calon ayah yang juga harus dijaga. Karenanya ia menyayangkan jika selama ini fokus pencegahan stunting hanya pada perempuan. “Harus di kedua-duanya,” ujarnya.

Bicara soal stunting artinya bicara tentang akibat dari perempuan dan laki-laki. Stunting di mana anak lahir dengan tubuh pendek atau pertumbuhan tidak sesuai dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kesehatan kedua orang tua.

Memang, salah satu sebab misalnya pada proses kehamilan, ibu hamil mengalami kekurangan darah atau  anemia sejak kehamilan, namun bisa juga karena suami memiliki penyakit penyerta.

“Kok ibu terus yang disalalahkan? Kedua pihak harus diperiksa, termasuk apakah sp*rma cukup unggul?” ungkapnya.

Jangan menyimpan gadget di saku celana

Dokter dari Lembaga Kesehatan PBNU, dokter Citra Fitri Agustina mengatakan berbicara tentang pencegahan stunting tidak bisa hanya menyudutkan perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News