Cegah Virus Korona, Ini yang Dilakukan Angkasa Pura I

Cegah Virus Korona, Ini yang Dilakukan Angkasa Pura I
Virus Korona. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang internasional di seluruh bandara yang dikelola.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Korona masuk ke Indonesia.

Pengetatan pengawasan dilakukan Angkasa Pura I bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melalui pengoptimalan penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang.

Alat tersebut dipasang pada area kedatangan. Selain itu, pihaknya juga menerbitkan Kartu Kewaspadaan Kesehatan untuk memonitor kesehatan penumpang.

“Pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang ini merupakan langkah kami untuk mencegah masuknya virus Korona melalui wisatawan yang masuk ke Tanah Air, khususnya dari beberapa negara-negara yang telah terjangkit," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Bali dan Manado merupakan tujuan destinasi wisatawan terbesar asal China yang datang melalui bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I.

Sepanjang 2019 lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dilewati lebih dari dari 1,19 juta penumpang asal China. Sedangkan Bandara Sam Ratulangi Manado dilewati lebih dari 116 ribu penumpang asal China.

"Memasuki libur Tahun Baru Imlek ini, Bali dan Manado berpotensi mengalami peningkatan kunjungan wisatawan asal China sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaannya," tutur Faik.

Angkasa Pura I bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mendeteksi virus korona di bandara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News