Cek Keaslian E-KTP Dengan Card Reader

Cek Keaslian E-KTP Dengan Card Reader
Perekaman E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh angkat suara terkait beredarnya sejumlah foto yang menunjukkan satu orang memiliki banyak e-KTP.

Menurut Zudan, fisik e-KTP tersebut palsu. Karena itu, e-KTP tersebut tidak akan dapat digunakan dalam Pilkada 2017.

"Hanya dalam waktu dua menit, langsung terjawab semua (mana e-KTP palsu dan yang benar). Karena e-KTP yang asli semua datanya terpusat. Sehingga begitu dicek diketahui mana yang asli dan palsu," ujar Zudan di Jakarta, Minggu (5/2).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, pria yang juga Penjabat Gubernur Gorontalo ini mengimbau penyelenggara pilkada menggunakan alat pembaca e-KTP (card reader).

Zudah menjelaskan, Dukcapil Kemendagri sudah berkordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait kesiapan pihaknya mengantisipasi munculnya e-KTP palsu. 

"‎Bisa gunakan Pilkada DKI sebagai pilot project  (pelaksanaan pilkada dengan pendataan pemilih dengan cukup baik)," pungkas Zudan.(gir/jpnn)


Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh angkat suara


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News