Cek Kesiapan Tol Jelang Angkutan Lebaran 2023, Kemenhub Gelar Koordinasi Lintas Instansi

Cek Kesiapan Tol Jelang Angkutan Lebaran 2023, Kemenhub Gelar Koordinasi Lintas Instansi
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno (tengah) mengecek kesiapan tol menjelang angkutan Lebaran 2023. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Kemenhub

jpnn.com, SEMARANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mengecek kesiapan jalan tol menjelang masa angkutan Lebaran 2023/1444 H.

Terkait kegiatan tersebut, Ditjen Hubdat Kemenhub melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri, Kementerian PUPR, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), serta PT Jasa Raharja (Persero).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam pantauannya dari Jakarta menuju Semarang menyampaikan optimisme dalam menyiapkan angkutan Lebaran yang lebih baik.

Menurut Dirjen Hendro, dengan besarnya animo masyarakat untuk mudik lantaran pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah ditiadakan diperlukan sistem manajemen rekayasa lalu lintas yang serius.

"Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, khususnya di jalan tol, rest area adalah salah satu sumber kemacetan apabila management traffic-nya tidak dikelola dengan baik," ujar Dirjen Hendro pada Kamis (23/2).

Lebih lanjut Dirjen Hendero mengatakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan harus bisa menghindari atau mengurai kepadatan di titik-titik yang rawan kemacetan.

Bahkan untuk mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan diharapkan masyarakat bisa memaksimalkan Program Mudik Gratis 2023.

Direktur Operasional PT Jasa Marga (Persero) Fitri Wiyanti menambahkan prediksi volume lalu lintas saat arus mudik melalui 4 gerbang tol utama diperkirakan sebesar 2,21 juta kendaraan atau naik 2,8 persen terhadap Lebaran 2022 (2,15 juta) atau naik 8,44 persen terhadap Lebaran 2019 (2,04 juta).

Ditjen Hubdat Kemenhub melakukan koordinasi lintas instansi untuk mengecek kesiapan tol menjelang angkutan Lebaran 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News