Cek Minyak Goreng di Pasar Muntilan, Kapolri Minta Pedagang Lapor Apabila Distribusi Terganggu

Cek Minyak Goreng di Pasar Muntilan, Kapolri Minta Pedagang Lapor Apabila Distribusi Terganggu
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memantau langsung ketersediaan dan harga minyak goreng curah di Pasar Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3). Foto: Dok Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta para pedagang melaporkan ke polisi atau pihak terkait lainnya apabila mengalami gangguan distribusi minyak goreng curah di pasaran. 

Jenderal Sigit menyampaikan itu saat memantau langsung ketersediaan dan harga minyak goreng curah di Pasar Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3).

Dalam peninjauan itu, Jenderal Sigit juga berdialog bersama para pedagang terkait ketersediaan dan harga penjualan minyak goreng curah. 

"Tadi saya sampaikan ke pedagang yang menjual ke masyarakat dan juga ke distributor, kalau ada kendala di lapangan terkait pasokan terganggu, tolong diinformasikan ke anggota kami di lapangan baik satgas daerah ataupun teman-teman yang kami minta mengontrol langsung di pasar," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seusai melakukan peninjauan. 

Jenderal bintang empat itu mengatakan bahwa apabila pedagang berperan aktif menyampaikan informasi soal proses distribusi minyak goreng curah, maka diharapkan ketersediaan bahan tersebut tidak terganggu dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Dengan terjaminnya stok untuk masyarakat, dia menyebut, hal itu juga akan memengaruhi harga penjualan minyak goreng curah, sehingga masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga eceran tertinggi (HET) sebagaimana kebijakan yang ditetapkan pemerintah. 

"Kemudian kami bisa bantu menelusuri sumbatannya di mana, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah agar stok bisa kembali ada di pasar. Tentunya ini akan kami lakukan setiap hari. Saya minta seluruh wilayah untuk melakukan hal yang sama mengontrol langsung distribusi minyak curah," kata Jenderal Sigit dalam keterangan tertulisnya. 

Mantan Kabareskrim Polri itu menjelaskan berdasar hasil dialog langsungnya dengan pedagang di Pasar Muntilan, para penjualmengaku beberapa hari ke belakang sempat mengalami kelangkaan stok minyak goreng curah. Namun, kata dia, saat ini ketersediaan minyak goreng curah di tempat tersebut sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta para pedagang di Pasar Muntilan melapor ke polisi apabila distribusi minyak goreng mengalami gangguan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News