Cek Stok dan Harga 12 Komoditas Pangan, Kementan Turun ke Pasar Tradisional

Cek Stok dan Harga 12 Komoditas Pangan, Kementan Turun ke Pasar Tradisional
Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat turun ke pasar-pasar untuk melakukan pengecekan stok dan harga 12 komoditas pangan dasar. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat turun ke pasar-pasar untuk melakukan pengecekan stok dan harga 12 komoditas pangan dasar.

Langkah itu untuk menjaga ketahanan stok dan stabilitas harga komoditas pangan.

Salah satunya dilakukan dengan pembentukan Satgas Pangan Tingkat Nasional yang bertugas memonitoring dan melaporkan kondisi stok dan harga pangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan pembentukan satgas itu untuk melaporkan perkembangan harga pangan pada saat Ramadan atau menjelang Hari Raya Idulfitri.

Menurut dia, apabila ada indikasi kenaikan harga yang signifikan atau keterbatasan stok, maka tim Satgas Pangan akan turun ke pasar untuk monitoring dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Saat ini fokus utama ialah ketersediaan 12 komoditas pangan dasar untuk masyarakat," ungkap Mentan SYL.

Syahrul menambahkan upaya monitoring stok produksi dan harga pangan dilakukan secara intensif di 34 provinsi di Indonesia.

Dia mengatakan semua pejabat Kementan, baik dari Eselon I dan II, di minggu pertama dan kedua Ramadan tidak ada yang di Jakarta.

Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat turun ke pasar-pasar untuk melakukan pengecekan stok dan harga 12 komoditas pangan dasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News