Cerita Alfred Riedl tentang Kenangan Manis 2010

Cerita Alfred Riedl tentang Kenangan Manis 2010
Alfred Riedl, pelatih tim nasional sepakbola Indonesia, saat sesi uji coba lapangan di Stadion Manahan, Solo, kemarin (5/9). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Alfred Riedl berhasil mengantarkan Timnas Indonesia  menjadi finalis Piala AFF 2010. Meski akhirnya tumbang di tangan Malaysia, itulah kenangan manis Riedl dengan skuat Merah Putih.

Lantas apa rahasia kesuksesan Indonesia enam tahun silam itu?

“Jawabannya adalah karena waktu itu saya lebih banyak memberikan kepercayaan kepada pemain-pemain muda yang masih fresh dan punya semangat tinggi,” kata Riedl. 

“Dan, para pemain yang saat ini saya panggil untuk membela Timnas kali ini, memiliki banyak kesamaan dengan skuad yang saya pegang enam tahun lalu,” papar dia. 

Dengan begitu, mantan pelatih PSM Makassar itu mengatakan bahwa, dia akan menerapkan pola permainan seperti yang dilakukan kepada Firman Utina dan kawan-kawan enam tahun silam.

Bermain menyerang dengan menggunakan formasi 4-4-2 akan kembali menjadi strategi utama selain formasi 4-3-2-1. 

Dalam latihan terakhir yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, tadi malam, Riedl pun lebih banyak memberikan instruksi kepada pemainnya untuk bermain taktis dengan bola bola pendek yang mengalir cepat. 

Berbeda dengan Piala AFF 2014 yang gaya bermainnya lebih banyak pasif dengan mengandalkan umpan jauh ke depan.

JAKARTA - Alfred Riedl berhasil mengantarkan Timnas Indonesia  menjadi finalis Piala AFF 2010. Meski akhirnya tumbang di tangan Malaysia, itulah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News