Cerita Lansia Banyuwangi Dikirimi Makanan Gratis Tiap Hari

Cerita Lansia Banyuwangi Dikirimi Makanan Gratis Tiap Hari
Salah seorang warga penerima program Rantang Kasih Banyuwangi. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Program Rantang Kasih milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuat warganya, terutama yang lanjut usia senang. Sejak diluncurkan tahun lalu, program yang memberikan makanan bergizi gratis tiap hari kepada ribuan warga lansia nonproduktif itu mendapat respons positif.

Salah seorang penerima adalah Hindun, warga lingkungan Karangtepes, Kelurahan Tukangkayu. Nenek 90 tahun yang hidup sebatang kara ini senang sejak program ini dijalankan.

Maklum saja, setiap hari Hindun mendapatkan makanan dari uluran tangan tetangga dan saudara jauhnya. "Biasanya kalau makan ya masak sendiri atau dikasih keponakan. Alhamdulillah, sekarang dikirim rantang setiap hari. Saya tidak perlu masak lagi. Kalau masak kan saya repot, harus belanja. Repot pokoknya," kata Hindun.

Dia juga senang karena menunya bervariasi. "Rantang ini membuat saya hemat, uang yang dikasih saudara bisa saya simpan untuk keperluan lain," jelasnya.

Begitu pula yang dirasakan Hanipan (80 tahun), warga lingkungan Wonosari, Kelurahan Sobo. Hanipan yang hidup sebatang kara itu selama ini mendapatkan makanan dari bantuan orang lain. "Alhamdulillah, sekarang sudah dapat kiriman nasi setiap hari dari pemerintah. Saya tidak perlu khawatir merepotkan orang lain lagi," kata Hanipan.

Cerita Lansia Banyuwangi Dikirimi Makanan Gratis Tiap Hari

Hal yang sama juga dirasakan Sudahri, yang bahagia karena dirinya mendapat makanan bergizi setiap hari dari program yang diluncurkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sejak akhir 2017 tersebut. “Makanannya enak, pasti saya habiskan, tidak pernah ada yang saya buang,” ujar Sudahri yang tinggal di Lingkungan Karangtepes, Kelurahan Penganjuran.

Dalam menjalankan program tersebut, Pemkab Banyuwangi menggandeng warung rakyat yang terdekat dengan rumah warga, sehingga ikut menggerakkan ekonomi warga. Salah satunya Warung ‘Saung Siliwangi’ di Jalan Kepiting, Banyuwangi.

Dalam menjalankan program Rantang Kasih, Pemkab Banyuwangi menggandeng warung rakyat yang terdekat dengan rumah warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News