Charta Politika: Tingkat Kepuasan Rakyat Kepada Rezim Jokowi-Maruf Amin Turun

Charta Politika: Tingkat Kepuasan Rakyat Kepada Rezim Jokowi-Maruf Amin Turun
Presiden Joko Widodo (Jokowi) larang ekspor minyak goreng. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Temuan teranyar Charta Politika menyatakan ada tren penurunan tingkat kepuasan rakyat terhadap kinerja rezim Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin. 

Hal itu seperti tertuang dalam survei Charta Politika berjudul Evaluasi Kebijakan Pemerintah dan Peluang Kandidat Capres-Cawapres 2024.

Angka kepuasan rakyat kepada rezim Jokowi-Maruf pada April 2022 seperti tertuang dalam survei itu sebesar 62,9 persen. 

Di sisi lain, angka masyarakat yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi-Maruf sebesar 35,7 persen dan tak menjawab 1,5 persen. 

Namun, angka kepuasan rakyat kepada pemerintahan Jokowi-Maruf pada April 2022 jauh lebih rendah dari data milik Charta Politika pada Januari dan Februari 2022.

Angka kepuasan masyarakat kepada Jokowi-Maruf pada Januari 2022 sebesar 71,7 persen dan Februari 2022 tercatat 65,3 persen.

"Tingkat kepuasan ini (pada April 2022, red) mengalami penurunan cukup jauh daripada Januari 2022," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam keterangan persnya, Senin (25/4). 

Pria berkacamata itu mengatakan masyarakat di Bali, NTB, NTT, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur menjadi daerah dengan tingkat kepuasan tinggi kepada Jokowi-Maruf. 

Charta Politika menyebut tingkat kepuasan rakyat kepada rezim Jokowi-Maruf pada April sebanyak 62,9 persen lebih rendah dari catatanJanuari dan Februari 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News