China Berulah di Natuna, Prabowo Bawa Lisensi Kapal Perang Inggris

China Berulah di Natuna, Prabowo Bawa Lisensi Kapal Perang Inggris
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto (kanan), bersalaman dengan Menteri Pertahanan Inggris, RT Hon Ben Wallace, saat penandatanganan kesepakatan lisensi antara Babcock dan PT PAL Indonesia (Persero) dalam pembangunan fregat Arrowhead 140 di London, Inggris, pada Rabu (15/9/2021). Foto: dok Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi) Beni Sukadis mengapresiasi langkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah memproses lisensi fregat tipe Arrowhead 140 dari produsen asal Inggris, Babcock sehingga bisa dibangun di dalam negeri dan melindungi kedaulatan negara.

Beni mengatakan, modernisasi alutsista urgen untuk dilakukan guna merespons dinamika lingkungan strategis yang terjadi.

"Ini merupakan langkah maju sehingga diapresiasi," ucapnya saat dihubungi pada Sabtu (18/9).

Lisensi tersebut memungkinkan PT PAL Indonesia (Persero) membangun dua fregat Arrowhead 140 di Tanah Air. Kapal tempur itu bakal dimodifikasi sesuai kebutuhan TNI Angkatan Laut (AL).

Arrowhead 140 merupakan kapal fregat tempur yang tengah digandrungi dunia. Kapal ini memulai debutnya dua tahun silam, saat Babcock memenangkan tender program fregat Inggris type 31 pada DSEI 2019.

Beni mengatakan, meski demikian, perlu waktu untuk meningkatkan kapabilitas militer. Sebab, masih ada proses penganggaran, praproduksi, produksi, uji coba dan seterusnya.

Sementara menunggu, ia mendorong pemerintah menempuh langkah diplomasi untuk merespons keadaan terkini, yaitu kehadiran kapal-kapal China di Laut Natuna Utara dengan mempertanyakan motif Negeri Tirai Bambu melewati dan beraktivitas di wilayah teritorial dan Zona Ekonomi Eksekutif (ZEE), terutama di perairan RI.

Langkah-langkah lain yang dapat diambil Indonesia, menurutnya, seperti mengerahkan lebih banyak TNI Angkatan Laut (AL) agar berpatroli di wilayah ZEE guna melindungi nelayan saat beraktivitas sehingga tidak merasa terintimidasi oleh kehadiran kapal-kapal China dan negara lainnya.

Langkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah memproses lisensi kapal perang Arrowhead 140 dari produsen asal Inggris mendapat apresiasi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News