China Dukung ASEAN Jadi Pengendali Kawasan Indo-Pasifik

China Dukung ASEAN Jadi Pengendali Kawasan Indo-Pasifik
Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi (kiri) bersama dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi (kanan) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin. (11/7/2022). Foto: Antara /HO- Sekretariat ASEAN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi mengatakan China akan terus mendukung sentralitas ASEAN dan mempromosikan solidaritas serta kerja sama di kawasan.

“ASEAN adalah pusat dari semua kerja sama regional. China dengan tegas mendukung peran ASEAN di “kursi pengemudi”, mendukung pembangunan komunitas ASEAN, serta mendukung arsitektur kerja sama regional yang berpusat pada ASEAN,” ujar Wang Yi dalam pidato kebijakan regional China di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin.

China menyambut baik upaya ASEAN untuk merumuskan Visi Pasca-2025 untuk Komunitas ASEAN.

“Kami siap membantu negara-negara ASEAN dalam mencapai tujuan pembangunan mereka dengan memanfaatkan sumber daya seperti Dana Pembangunan Global dan Kerja Sama Selatan-Selatan dan Dana Kerja Sama China-ASEAN. Kami juga akan meningkatkan masukan ke Inisiatif untuk Integrasi ASEAN, kerja sama Lancang-Mekong dan BIMP-EAGA, untuk membantu menutup kesenjangan pembangunan di kawasan,” kata Wang Yi.

Ia mengatakan ASEAN telah menekankan dalam banyak kesempatan bahwa Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik adalah inisiatif independen yang berkomitmen pada keterbukaan dan inklusivitas serta berfokus pada dialog, kerja sama dan pembangunan ekonomi.

“China menghargai posisi ASEAN yang tidak tunduk terhadap pihak mana pun,” kata dia.

China ingin meningkatkan sinergi dan kerja sama dengan ASEAN dalam implementasi Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik untuk menghasilkan kerja sama lebih awal.

China akan terus menyerukan penyelesaian perbedaan dalam cara Asia dan menegakkan perdamaian dan stabilitas regional, kata dia.

China mengapresiasi Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik sebagai inisiatif independen yang berkomitmen pada keterbukaan dan inklusivitas

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News