Cianjur Kembali Dilanda Gempa, Awas Perbukitan Jadi Rapuh

Cianjur Kembali Dilanda Gempa, Awas Perbukitan Jadi Rapuh
Cianjur, Jawa Barat kembali dilanda gempa dengan kedalaman dangkal, Kepala BMKG memberikan peringatan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

jpnn.com, JAKARTA - Gempa kembali terjadi di Barat Laut Cianjur, Jawa Barat pada Selasa pukul 13.43 WIB berada pada kedalaman sembilan kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa dangkal berlokasi di darat dengan magnitudo 2,9 mengguncang barat laut Cianjur, Jawa Barat.

Dipantau dari laman resmi BMKG.go.id pusat gempa bumi itu terletak di 6,82 Lintang Selatan, 107,00 Bujur Timur atau tepatnya di lima kilometer barat laut Cianjur, Jawa Barat.

Gempa bumi itu dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu) di Pacet dan Ciherang.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa di kawasan Cianjur masuk dalam kategori gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

Daryono menyebut karakteristik gempa kerak dangkal itu memiliki gempa susulan yang cukup banyak karena berada di batuan yang relatif rapuh.

Di sisi lain, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat mewaspadai bencana lanjutan berupa tanah longsor dan banjir bandang usai guncangan gempa.

Menurut dia, besar kemungkinan lereng-lereng perbukitan menjadi rapuh usai terjadinya gempa bumi.

Cianjur, Jawa Barat kembali dilanda gempa dengan kedalaman dangkal, Kepala BMKG memberikan peringatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News