Cieee..Ciee.. Yuddy Paling Getol Blusukan dan Sosialisasi Nawacita

Cieee..Ciee.. Yuddy Paling Getol Blusukan dan Sosialisasi Nawacita
MenPAN-RB, YUddy Chrisnandy / dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Chairman Indonesia Bureaucracy and Service Watch, Nova  Andika, menilai wajar jika dua survey kepuasan publik yang digelar menandai setahun kinerja pemerintahan mengunggulkan kinerja lima menteri, di antaranya menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

“Itu artinya survey yang digelar tersebut datanya valid,” kata Nova kepada pers di Jakarta, Jumat (7/11).

Dalam rilis hasil survey dua riset terpisah yang masing-masing digelar Lembaga Klimatologi Politik (LKP) dan Lembaga Survei  Jakarta (LSJ), memang terdapat kesamaan data. 

Kesamaan data itu meliputi adanya lima menteri yang dinilai memiliki  kinerja yang sangat  baik,  yaitu  Menteri   Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti , Menteri   Pendidikan dan Budaya Anies Baswedan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi.

“Bila dua survey terpisah yang dilakukan dua lembaga yang berbeda tanpa adanya hubungan di antara mereka, itu menunjukkan betapa validnya data tersebut,” kata Nova. 

Menurut Nova, perbedaan  angka persentase nilai hanyalah variasi yang tentu terkait erat dengan pertanyaan dan metodologi yang digunakan surveyor. Perbedaan hasil survey mengenai kelima menteri yang tergolong unggul dan berkinerja baik tersebut hanyalah pada angka persentase. 

Pada survey yang dilakukan LSJ, skor Menteri Susi Pudjiastuti 64,3%, Menteri Anies Baswedan 42,5%, Menko Rizal Ramli 40,1%, Menteri Khofifah  39,6%, dan   Menteri   Yuddy Chrisnandi 36,9%.

Sedangkan pada survey yang digelar LKP, Menteri Susi mendapatkan skor 65,9%, Menteri Anies Baswedan 39,8%, Menteri Khofifah 38,1%, Menko Rizal 37,9% dan Menteri Yuddy 34,2%. “Yang menarik, posisi lima terbaik di dua survey tersebut orangnya  sama,” kata Nova.

JAKARTA--Chairman Indonesia Bureaucracy and Service Watch, Nova  Andika, menilai wajar jika dua survey kepuasan publik yang digelar menandai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News