CIMB Niaga Makin Intens di Mikro

CIMB Niaga Makin Intens di Mikro
CIMB Niaga Makin Intens di Mikro
SURABAYA - Sektor mikro memiliki daya magnet tersendiri bagi industri perbankan. Meski dalam lima tahun terakhir bank-bank mulai membuka outlet khusus usaha kecil ini, lembaga keuangan itu masih meliriknya. Salah satunya, PT CIMB Niaga Tbk yang makin ekspansif dengan Mikro Laju.

"Tahun ini, kami menargetkan telah membuka 300 sampai 350 outlet. Sampai kuartal pertama telah menjadi 150 unit Mikro Laju," kata Commercial Banking Director Bank CIMB Niaga Handoyo Soebali.

Pada akhir tahun lalu, Mikro Laju yang baru beroperasi 2009 telah memiliki sekitar 100 outlet. Menurut Handoyo penyaluran kredit langsung kepada pengusaha mikro masih kecil, yakni berkisar Rp 500 miliar. Meski demikian, pihaknya optimistis dapat bersaing dengan bank-bank yang telah masuk lebih dulu. Misalnya, BRI Teras, Danamon Simpan Pinjam (DSP), atau BTPN dengan Mitra Usaha Rakyat. "Kami bisa memberi pinjaman sampai Rp 500 juta dengan bunga kompetitif," cetusnya.

Selain itu, CIMB Niaga juga gencar melakukan linkage proram dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Sampai kuartal I/2011, penyalurannya tercatat Rp 2,7 triliun. Sampai akhir 2010 lalu, mereka sudah menjalankan linkage program dengan 323 BPR. Manajemen mengharapkan kredit itu bisa tersalurkan kepada 500 BPR pada tahun ini.

"Ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan penyaluran kredit yang pada tahun ini diharapkan dapat tumbuh 20 sampai 25 persen atau Rp 12 triliun dari tahun lalu," ujarnya.

SURABAYA - Sektor mikro memiliki daya magnet tersendiri bagi industri perbankan. Meski dalam lima tahun terakhir bank-bank mulai membuka outlet khusus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News