Senin, 17 Desember 2018 – 02:33 WIB

Cincin Rahasia Pencegah HIV di Kelamin Wanita

Sabtu, 09 Desember 2017 – 02:38 WIB
Cincin Rahasia Pencegah HIV di Kelamin Wanita - JPNN.COM

jpnn.com - Wanita kini bisa memproteksi diri dari penularan penyakit mematikan HIV (human immunodeficiency virus). Penularan dengan bercinta dapat dicegah dengan menggunakan cincin yang dibenamkan.

Cincin rahasia yang dimasukkan ke dalam vagina bisa membantu menghentikan penyebaran HIV. Hal itu dibuktikan dari penelitian klinis yang dipimpin Dr Annalene Nel.

Cincin yang dilapisi obat dapivirine eksperimental, obat antiretroviral ini dipakai wanita di sub-Sahara Afrika.

Dengan harga USD 7, 92 persen pemakai cincin ini terlindungi dari infeksi HIV. Cincin vagina yang aman dipakai selama sebulan oleh perempuan di Malawi digunakan sebagai tindakan pencegahan dan perlindungan terhadap infeksi dari pasangan yang menolak memakai kondom.

Pria di negara ini memiliki banyak pasangan seksual dan praktik budaya menyulitkan wanita untuk menegosiasikan seks yang aman. Itu menjadi alasan utama mengapa infeksi HIV begitu tinggi.

Sedikitnya 10 persen penduduk mengidap HIV dan diharapkan cincin itu, yang menurut pria tidak dapat dirasakan keberadaannya di dalam vagina, akan membantu menghentikan penyebarannya secara rahasia.

Perawat dan bidan Agnes Malema mengatakan kepada BBC, “HIV di Malawi benar-benar buruk. Bangsal kami penuh. Bisa saya katakan seluruh bangsa sedang sakit. Semua orang telah terlibat, semua orang telah kehilangan orang yang dicintai.”

“Biasanya dalam budaya kita bernegosiasi seks dengan pasangan agak sulit, terutama meminta pasangan memakai kondom. Ini benar-benar sebuah tantangan,” jelasnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar