Cinta Israel, Amerika Serikat Tinggalkan Komisi HAM PBB

Cinta Israel, Amerika Serikat Tinggalkan Komisi HAM PBB
PBB. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Amerika Serikat resmi keluar dari Komisi HAM PBB. Keputusan itu diambil lantaran Komisi HAM kerap mengusik kepentingan AS dan sekutunya.

"Ketika ada sebuah organisasi melemahkan kepentingan nasional kita dan sekutu kita, kita tidak akan terlibat. Ketika mereka berusaha untuk melanggar kedaulatan nasional kita, maka kita pun tidak akan diam," ujar Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Selasa (19/6).

Sekutu yang dimaksud Pompeo adalah Israel. Selama ini, Komisi HAM PBB memang getol mengecam tindakan Israel terhadap warga Palestina.

Menurut Pompeo, ada kemunafikan luar biasa di Komisi HAM PBB. Lembaga itu hanya sibuk menyerang Israel, dan menutup mata terhadap pelanggaran HAM di negara lain.

Malahan, lanjut dia, Komisi HAM PBB justru melindungi sejumlah negara pelanggar HAM.

"Para pelanggar paling serius justru duduk di komisi HAM PBB dan menganggap bahwa diri mereka lebih suci dan merasa lebih benar," tudingnya.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan, Komisi HAM PBB gagal melakukan perubahan besar, dramatis dan sistematis, yang disyaratkan oleh Amerika Serikat. Komisi ini juga dituding sebagai pelindung para pelanggar hak asasi manusia. (nes/rmol)


Amerika Serikat resmi keluar dari Komisi HAM PBB. Keputusan itu diambil lantaran Komisi HAM kerap mengusik kepentingan AS dan sekutunya


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News