Ciptakan Budaya Berlalu Lintas sejak Dini Lewat Pendidikan

Ciptakan Budaya Berlalu Lintas sejak Dini Lewat Pendidikan
Para pembicara Seminar 'Keselamatan Berlalu Lintas di Kurikulum Pemerintah'. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menciptakan budaya berlalu lintas yang baik harus dimulai sejak dini.  Pendidikan diharapkan mampu membentuk pribadi yang cerdas dan bertanggung jawab, termasuk saat berlalu lintas di jalan.

Nona Pooroe, psikolog dan pemerhati anak, mengatakan, perilaku menjadi kata kunci dalam memangkas tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan. 

Maklum, sekitar 30 persen pemicu kecelakaan adalah perilaku tertib. Faktor itu merupakan kedua terbesar setelah berkendara dalam kondisi lengah. Indonesia kehilangan 70-an jiwa setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

“Pendidikan keamanan di jalan raya (Road Safety Education) memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku anak dan orang muda/remaja serta mendorong mereka untuk menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab,” tegas Nona Pooroe, dalam seminar 'Keselamatan Berlalu Lintas di Kurikulum Pemerintah', di Jakarta, beberapa hari lalu.

Dia menjelaskan, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang belajar tentang keamanan lalu-lintas (road safety) sejak usia dini akan membentuk perilaku aman di jalan raya saat mereka bertumbuh. 

Oleh karena itu, lanjutnya, menjadi sangat penting untuk membentuk pemahaman anak tentang keamanan lalu-lintas untuk membantu mereka menjadi pelaku jalan yang bertanggungjawab dan mencegah mereka menjadi korban.

Indonesia masih mencatat keterlibatan anak-anak dalam kecelakaan lalu lintas jalan, baik sebagai korban maupun sebagai pelaku. 

Data Korlantas Mabes Polri menyebutkan, sepanjang 2010-2015, setidaknya 176 ribu anak-anak di bawah umur menjadi korban kecelakaan di jalan. Artinya, setiap hari terdapat 85 anak-anak di bawah 15 tahun yang menjadi korban kecelakaan.

JAKARTA – Menciptakan budaya berlalu lintas yang baik harus dimulai sejak dini.  Pendidikan diharapkan mampu membentuk pribadi yang cerdas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News