Ciptakan Kenyamanan Kerja, Turn Over Akan Minim

Ciptakan Kenyamanan Kerja, Turn Over Akan Minim
Direktur BCA Subur Tan. Foto istimewa

jpnn.com - KESEIMBANGAN peran karyawan lama dan karyawan baru, juga menjadi syarat untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman.

Tahun lalu, PT Bank Central Asia (BCA) menerima penghargaan internasional Gallup Great Workplace Award 2015. BCA menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia ynang menerima penghargaan ini. Ini adalah penghargaan pertama yang diterima oleh perusahaan di Indonesia. Tidak mudah menerima penghargaan ini karena Gallup melakukan surveiy terhadap 60 ribu perusahaan kelas dunia.

Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk perusahaan yang berhasil membangun lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi karyawannya. Direktur BCA, Subur Tan mengatakan, keberhasilan itu membuat BCA terus berupaya merekrut staf berkualitas, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan profesional.

Penghargaan ini akan mendorong BCA menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi.

"Terpilihnya BCA sebagai penerima penghargaan ini salah satunya juga karena turn over karyawan BCA sangat minim, yakni sekitar 2 persen. Artinya, BCA adalah tempat kerja yang paling nyaman di Indonesia," kata Subur.

Menurut Subur, untuk meminimalisasi turn over maka perusahaan harus menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman. Hal ini tentu tidak mudah. Apalagi, BCA telah mempekerjakan lebih dari 23 ribu orang karyawan.

Salah satu cara untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman, perusahaan harus memantapkan tujuan yang hendak dicapai. Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi. BCA memiliki visi menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Dari visi itu, BCA membuat tata nilai demi menciptakan tempat kerja yang nyaman. Tatatan nilai ini antara lain fokus pada nasabah (customer focus) , integritas (integrity), kerja  sama tim (teamwork), dan berusaha mencapai yang terbaik (continuous pursuit of excellence).

KESEIMBANGAN peran karyawan lama dan karyawan baru, juga menjadi syarat untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman. Tahun lalu, PT Bank Central Asia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News