Climate Reality Indonesia Rilis Film Dokumenter Tentang Banjir Rob di Pekalongan

Climate Reality Indonesia Rilis Film Dokumenter Tentang Banjir Rob di Pekalongan
Climate Reality Indonesia meluncurkan film dokumenter terbaru, berjudul Degayu: Againts The Shore. Foto dok Climate Reality Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Climate Reality Indonesia meluncurkan film dokumenter terbaru, berjudul Degayu: Againts The Shore, tentang komunitas pesisir di kelurahan Degayu, Kota Pekalongan, yang terdampak banjir rob selama beberapa tahun terakhir.

Acara peluncuran digelar di Gedung Planetarium, Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (30/7). Peluncuran film diisi dengan screening film; bedah Film; dan diskusi interaktif.

Direktur Climate Reality Indonesia, Amanda Katili mengatakan, rangkaian kegiatan untuk membuka ruang diskusi bagi aktivis, sineas, dan para pelaku industri kreatif tentang cara terbaik untuk berkontribusi membantu mencarikan solusi bagi komunitas pesisir yang terdampak secara multi sektor.

Diskusi juga menggarisbawahi peran para sineas yang sejatinya lebih mampu menyuarakan kisah-kisah yang jarang terdengar dari krisis iklim, kepada dunia.

"Besar harapan kami, kegiatan ini dapat menjadi media berjejaring untuk membangun aksi kolaborasi yang menghasilkan solusi," ujar Amanda.

Degayu: Against the Shore diproduksi dan dipublikasi oleh ClimArt, salah satu gerakan pemuda dari Youth Climate Reality Leaders, di bawah Climate Reality Indonesia.

Fokus utama film Degayu: Againts The Shore adalah tentang banjir rob yang kini tengah mengancam wilayah pesisir jalur Pantai Utara Jawa Tengah, yang diprediksi sejumlah ahli berpotensi menenggelamkan sejumlah wilayah di Pekalongan.

Kondisi yang dihadapi Kelurahan Degayu ini, sebelumnya juga telah terjadi di Dusun Simonet, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.

Climate Reality Indonesia meluncurkan film dokumenter terbaru, berjudul Degayu: Againts The Shore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News