Coba Bandingkan Data Utang Indonesia dengan 11 Negara Maju Ini, Jleb Banget!

Coba Bandingkan Data Utang Indonesia dengan 11 Negara Maju Ini, Jleb Banget!
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suminto membeberkan sejumlah data fiskal dan rasio utang Indonesia. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suminto membeberkan sejumlah data fiskal dan rasio utang Indonesia.

Suminto menjabarkan bahwa defisit fiskal dan utang Indonesia masuk dalam kelompok yang cukup baik di dunia.

Dia menjelaskan selama masa pandemi COVID-19 2020-2022, kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia tergolong cukup baik dimana defisit anggaran dapat dikendalikan.

Hal itu diungkapkan Suminto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI DPR RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (7/2).

"Setelah defisit 6,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2020, pada 2022 defisit kas negara sudah turun signifikan menjadi 2,38 persen dari PDB atau jauh lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara lain," ungkap Suminto.

Dia mencontohkan defisit APBN Tiongkok yang masih berada pada level 7,4 persen PDB pada 2022 dari 8,6 persen PDB pada 2020, India yang masih di level 8,5 persen PDB dari 9,5 persen PDB, Malaysia di 4,1 persen PDB dari 6,2 persen PDB, Filipina di 5,4 persen PDB dari 7,6 persen PDB, serta Thailand di 4,9 persen PDB dari 6,1 persen PDB.

Begitu pula dengan negara maju seperti Amerika Serikat (AS) baru turun menjadi defisit 5,8 persen PDB dari 15 persen PDB, Jerman di 2,6 persen PDB dari 4,3 persen PDB, Perancis di 4,5 persen PDB dari 8,9 persen PDB, Italia di 5,7 persen PDB dari 9,6 persen PDB, Jepang di 7,3 persen PDB dari 9,3 persen PDB, Inggris di 4,3 persen PDB dari 15 persen PDB, serta Kanada di 2,7 persen PDB, dari 14,9 persen PDB.

Kinerja APBN yang tergolong cukup baik membuat rasio utang Indonesia terhadap PDB masih cukup baik dibanding banyak negara lain. Adapun rasio utang Indonesia terhadap PDB tercatat sebesar 39,57 persen pada 2022.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suminto membeberkan sejumlah data fiskal dan rasio utang Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News