Coba Cek, Hubungan antara Boxer dan Sperma Sehat

Coba Cek, Hubungan antara Boxer dan Sperma Sehat
ilustrasi. Foto: Meetdoctor.com

jpnn.com - Sudah sejak lama para ahli 'curiga' ada hubungan erat antara pakaian dalam dengan kualitas sperma. Riset terbaru mengukuhkan 'kecurigaan' itu bahwa memang pria membutuhkan keleluasaan ruang dalam hal pakaian dalam jika tertarik untuk memiliki keturunan.

Studi mengatakan, mengenakan celana pendek boxer sepanjang hari dan tidak berpakaian ketika tidur secara signifikan bisa  menurunkan tingkat kerusakan DNA di dalam sperma jika dibandingkan dengan memakai celana ketat sepanjang hari.

"Jenis pakaian yang dikenakan pada siang hari dan di saat tidur berhubungan dengan kualitas semen," kata pemimpin penelitian, Katherine Sapra dari US National Institute of  Child Health and Human Development seperti yang dilansir Meetdoctor.com

Penelitian ini melibatkan 500 relawan yang diteliti pilihan pakaian dan kualitas spermanya selama satu tahun lebih. Para peneliti menemukan, pria yang tidur tanpa pakaian sehelai pun memiliki kerusakan DNA 25 persen lebih sedikit dibanding mereka yang mengenakan celana dalam ketat.

"Mengurangi eksposur saat  tidur bisa menurunkan fragmentasi DNA;. Kami menemukan kualitas semen yang lebih baik pada mereka yang memakai celana pendek boxer sepanjang hari,” imbuhnya.

Meski jumlah relawan yang diteliti relatif sedikit tapi hasil temuan ini merupakan titik cerah untuk dijadikan petunjuk mengenai kesuburan kaum pria. 

“Sebelumnya kita tahu bahwa tingkat kesuburan pria bisa turun ketika suhu testis meningkat. Penelitian kali ini semakin meneguhkan hal itu, sebab suhu testis bisa meningkat karena beberapa sebab misalnya karena  paparan panas di tempat kerja atau karena pakaian yang ketat," kata Allan Pacey, pakar kesuburan pria di Universitas Sheffield di Inggris, yang tidak terlibat dengan penelitian ini. 

Masih menurut Pacey, penelitian ini perlu dilanjutkan dengan mengukur efek dari pilihan pakaian pria. "Kita perlu tahu apakah beralih ke pakaian longgar menyebabkan pria lebih mampu menghamili pasangannya dengan lebih sering atau lebih cepat,” ujarnya

Sudah sejak lama para ahli 'curiga' ada hubungan erat antara pakaian dalam dengan kualitas sperma. Riset terbaru mengukuhkan 'kecurigaan'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News