COVID-19 di Tiongkok: Kasus Baru Meningkat, Flu Burung Ditemukan di Manusia, WHO Setujui Vaksin Sinovac

COVID-19 di Tiongkok: Kasus Baru Meningkat, Flu Burung Ditemukan di Manusia, WHO Setujui Vaksin Sinovac
Tes massal dilakukan di beberapa distrik di kota Guangzhou di China selatan setelah munculnya belasan kasus baru. (Reuters: cnsphoto)

Tiongkok melaporkan adanya peningkatan kasus COVID-19 yang tiba-tiba, dengan belasan kasus terdeteksi di kota Guangzhou, sehingga mengakibatkan ratusan penerbangan dihentikan.

Sementara itu di kota Jiangsu, di Tiongkok Timur, seorang pria sedang dirawat di rumah sakit karena mengidap flu burung, H10N3.

Ini bisa menjadi kasus flu burung pertama yang terjangkit manusia, namun Pemerintah Tiongkok mengatakan kecil kemungkinannya penyakit ini menyebar dalam jumlah besar.

Di kota Guangzhou, yang terletak di selatan Tiongkok dengan penduduk lebih dari 18 juta jiwa,  11 kasus baru telah dikonfirmasi oleh Pemerintah  Tiongkok.

Secara keseluruhan sekarang sudah ada 30 kasus penularan lokal di sana selama beberapa hari terakhir, namun belum ada laporan kematian.

Dalam jumpa pers hari Minggu kemarin, Chen Bin, wakil kepala bidang kesehatan kota tersebut, menjelaskan kasus baru ini mengidap varian India yang penyebarannya lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya.

Perkembangan terbaru ini menandai terjadinya 'lockdown' sebagian yang pertama di kota mega city lapis pertama sejak bulan Februari.

Adanya penularan baru ini juga menyebabkan program vaksinasi di kota tersebut dihentikan sementara.

Guangzhou melaporkan adanya peningkatan kasus COVID-19 yang tiba-tiba, mengakibatkan ratusan penerbangan dihentikan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News