JPNN.com

Covid-19 Makin Merebak, Saleh DPR Minta Pemerintah Buat Kebijakan Alternatif

Sabtu, 04 April 2020 – 15:35 WIB Covid-19 Makin Merebak, Saleh DPR Minta Pemerintah Buat Kebijakan Alternatif - JPNN.com
Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyebaran covid-19 di Indonesia kelihatannya makin merebak. Langkah-langkah dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah belum menampakkan hasil. Di lain pihak, masyarakat makin banyak yang resah.

Menurut Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, kalau berkaca pada prediksi Badan Intelijen Negara (BIN), puncak penyebaran virus Corona adalah pada bulan Juli. Saat itu nanti akan tercatat 106.287 kasus.

“Dengan jumlah yang sekarang saja kita sudah kelihatan kesulitan, bagaimana nanti kalau prediksi itu benar terjadi. Untuk mengantisipasi itu, pemerintah diminta untuk membuat kebijakan alternatif,” kata Saleh kepada JPNN.com, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Ketua DPP PAN yang juga Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI ini, kebijakan alternatif itu sangat sederhana tetapi mudah dilaksanakan dan tidak terlalu memakan biaya.

“Kebijakan itu adalah mewajibkan warga masyarakat untuk memakai masker setiap berada di luar rumah,” tegas polikus PAN dari Dapil Sumut II ini.

Di Ceko, kata Saleh, masker diwajibkan. Ada kalimat yang dipopulerkan di sana, “I protect you, you protect me”.

“Jika semua memakai masker, semua orang saling melindungi. Di sana, kewajiban memakai masker tidak hanya bagi orang sakit, tetapi juga bagi yang sehat,” ujar mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Lebih lanjut, Saleh menegaskan kewajiban memakai masker ini bisa diterapkan sebagai pelengkap atas kebijakan sebelumnya. Sebab, social distancing dan physical distancing yang ada di dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetap tidak efektif.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...