Covid-19 Melonjak Akibat Varian Omicron, Yuk, Simak 6 Info Penting Ini!

Covid-19 Melonjak Akibat Varian Omicron, Yuk, Simak 6 Info Penting Ini!
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengimbau pasien Omicron untuk melakukan isoman. Isolasi mandiri (isoman) Ilustrasi. Foto: Ricardo jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatatkan lonjakan kasus Covid-19, yang cukup signifikan akibat varian Omicron.

Per Jumat (11/2), tercatat penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 40.489.

Meski begitu, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal penting. Berikut informasi yang perlu diperhatikan masyarakat terkait kondisi terkini Covid-19:

1. Tidak perlu terpaku pada kenaikan kasus

Meskipun angka kenaikan kasus Covid-19 semakin tinggi, tetapi Kemenkes mencatatkan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tetap terkendali.

2. Sebagian besar kasus Omicron bergejala ringan dan tanpa gejala (OTG)

Kemenkes menjelaskan karakteristik varian Omicron memang menular dengan cepat, tetapi gejala yang ditimbulkan lebih rendah dibanding varian Delta.

3. Gejala ringan dan OTG bisa isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat

Untuk mendukung isolasi mandiri dan terpusat yang dilakukan pasien bergejala ringan dan tanpa gejala, pemerintah menyiapkan telemedisin dan obat-obatan.

4. Prioritas rumah sakit untuk pasien yang lebih membutuhkan

Untuk meringankan beban rumah sakit dan tenaga kesehatan, masyarakat diimbau untuk memprioritaskan rumah sakit untuk pasien bergejala berat dan kritis.

5. Disiplin protokol kesehatan

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Kemenkes mencatatkan lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan akibat varian Omicron.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News