Covid Merajalela di ASEAN Para Games 2022, Mas Gibran Bilang Begini

Covid Merajalela di ASEAN Para Games 2022, Mas Gibran Bilang Begini
Walikota Gibran Rakabuming Raka yang juga Ketua Panitia Pelaksana ASEAN Para Games 2022 (INASPOC). Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, SURAKARTA - Covid-19 mulai menyerang ajang ASEAN Para Games 2022. Kabar tak mengenakkan datang pada hari keempat pelaksanaan ajang olahraga terbesar penyandang disabilitas di Asia Tenggara.

Sebanyak 17 atlet dan ofisial dari beberapa negara, dikabarkan terpapar covid-19. Meski demikian, ada juga sepuluh orang yang sudah dinyatakan sembuh dari covid-19 dan bisa kembali bertanding.

"Sekarang totalnya ada 17 orang, atlet dan ofisial dari 7 negara. Kemarin yang terpapar di Semarang itu sebagian sembuh. Sekarang rinciannya 14 orang di Solo, 3 di Semarang," Kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih Selasa (2/8).

Siti Wahyuningsih menyebut tracing dan tes swab juga sudah dijalankan kepada 17 atlet dan ofisial yang terpapar tersebut. Sebagian besar sudah dinyatakan sehat, sementara yang terpapar, langsung dikarantina di hotel masing-masing.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menenangkan semua pihak atas kondisi ini. Dia meyakini, jika protokol kesehatan dijalankan dengan baik, penyebaran covid-19 bisa diatasi dan ajang ASEAN Para Games 2022 bisa berjalan sampai akhir.

"Kami pantau terus progres untuk kesembuhannya. Sejauh ini aman-aman semuanya, belum ada yang punya gejala parah, sehingga tenang saja," katanya saat ditemui di kompleks Stadion Manahan, Solo, Selasa.

Dia juga menegaskan bahwa ajang olahraga penyandang disabilitas ini akan terus berlangsung. Dia juga mengimbau agar warga Solo dan sekitarnya yang ingin menonton menjaga kedisiplinannya.

"Tolong protokol kesehatannya benar-benar dijalankan, maskernya dipakai terus, tetapi ini aman kok, tenang saja," tandas pria yang juga Ketua Pelaksana ASEAN Para Games 2022 tersebut. (dkk/jpnn)

Covid-19 menyerang pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, Mas Gibran meminta tetap tenang dan disiplin protokol kesehatan


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News