CPNS & PPPK Masuk Masa Orientasi, SesmenPAN-RB: Harus Profesional, Produktif

CPNS & PPPK Masuk Masa Orientasi, SesmenPAN-RB: Harus Profesional, Produktif
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Rini Widyantini. Foto dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 81 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 15 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) memulai hari pertamanya di KemenPAN-RB dengan mengikuti orientasi wawasan dan tugas.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Rini Widyantini mengatakan CPNS dan PPPK harus mengaktualisasikan nilai-nilai dasar (core values) ASN BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Mereka dituntut untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat, berkomunikasi baik, menjunjung tinggi idealisme, dan bekerja keras sesuai kemampuan masing-masing.

"Tujuannya agar bisa melaksanakan tugas yang menjadi kewajiban di tiap unit kerja dalam melaksanakan program pemerintah," kata Rini Widyantini, Selasa (8/3).

Rini mengingatkan dengan telah diterimanya sebagai CPNS dan PPPK secara otomatis memiliki tugas dan kewajiban yang diemban sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Kewajiban ASN tersebut, yaitu menjaga kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, UUD 1945, dan pemerintah.

Diikuti dengan memiliki mental baik, bersih, jujur, berdaya guna, dan penuh tanggung jawab terhadap tugas dan jabatan.

ASN juga memiliki tugas dan kewajiban, seperti yang tercantum dalam UU Nomor 5/2014 tentang ASN.

SesmenPAN-RB Rini Widyantini meminta para CPNS dan PPPK yang masuk masa orientasi harus profesional dan produktif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News