CPOPC Luncurkan Program Young Elaeis Ambassador Kelapa Sawit

CPOPC Luncurkan Program Young Elaeis Ambassador Kelapa Sawit
Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC meluncurkan Young Elaeis Ambassadors. Dok: CPOPC.

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) meluncurkan Young Elaeis Ambassadors atau Duta Muda Kelapa Sawit di Jakarta.

Bersamaan dengan acara tersebut, CPOPC juga menyelenggarakan diskusi dengan topik “Green Skills untuk Pemuda dan Peran Industri Kelapa Sawit untuk Mencapai Dunia yang Berkelanjutan” terkait dengan tema Hari Pemuda Internasional 2023.

Peluncuran dihadiri oleh perwakilan kedutaan besar negara produsen dan konsumen di Jakarta, asosiasi pemuda, diaspora, dan pemangku kepentingan kelapa sawit. Tujuan dari program Young Elaeis Ambassadors adalah untuk melibatkan dan mengedukasi komunitas muda dalam mengadvokasi pilar keberlanjutan di industri sebagai pelaku dan konsumen minyak sawit masa depan.

Rizal Affandi Lukman selaku Sekretaris Jenderal CPOPC mengatakan bahwa peran penting generasi muda dan tantangan negara-negara penghasil minyak sawit saat ini untuk memenuhi permintaan minyak sawit yang terus meningkat.

“Keprihatinan itu disampaikan oleh perwakilan petani kecil Indonesia dan Malaysia pada Lokakarya Petani Internasional yang berlangsung bulan lalu di Melaka, Malaysia,” kata dia dalam siaran persnya, Minggu (13/8).

Rizal mengungkapkan mereka mengeluh bahwa generasi muda sekarang kurang berminat untuk melanjutkan jejak mereka sebagai petani kelapa sawit.

“Padahal untuk terus dapat memenuhi permintaan sawit yang tinggi, potensi dan kreatifitas anak muda sangat dibutuhkan. Namun, hal itu tidak dapat terwujud tanpa adanya kemauan untuk terlibat aktif dalam industri itu,” ujar Rizal.

Dalam pandangan pejabat senior dari masing-masing negara anggota CPOPC, generasi muda memiliki peran penting dalam membentuk masa depan dunia yang berkelanjutan.

CPOPC meluncurkan program Young Elaeis Ambassadors atau Duta Muda Kelapa Sawit di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News