Cuaca Buruk, 14 Kapal Nelayan Tenggelam, 5 di Antaranya Sudah Ditemukan, 9 Masih Dicari

Cuaca Buruk, 14 Kapal Nelayan Tenggelam, 5 di Antaranya Sudah Ditemukan, 9 Masih Dicari
Tim Search dan Rescue (SAR) atau Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kalimantan Barat menyatakan hingga saat masih terus mencari dan mendata nelayan yang hilang kontak dampak cuaca buruk Selasa malam (13/7). (Foto ANTARA/HO)

jpnn.com, PONTIANAK - Sebanyak 14 kapal motor milik nelayan tenggelam akibat cuaca buruk di perairan wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (14/7) malam hingga Rabu (15/7) pagi.

"Data sementara atau informasi yang kami terima ada sekitar 14 kapal motor nelayan yang tenggelam akibat cuaca buruk Selasa malam dan Rabu pagi (14/7)," kata Kepala Kantor Search dan Rescue(SAR) atau Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kalbar, Yopi Haryadi saat dihubungi di Sungai Raya, Kamis (15/7).

Kantor Search and Rescue Pontianak, Kalbar, masih terus melakukan pencarian dan mendata nelayan yang hilang kontak dampak cuaca buruk pada Selasa (13/7) malam.

Yopi menjelaskan dari sebanyak 14 kapal motor nelayan yang tenggelam, lima di antaranya sudah ditemukan, sedangkan sembilan lainnya masih dalam pencarian.

Dia menuturkan kejadian tenggelamnya kapal motor nelayan itu menyebar seperti di wilayah perairan Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Sambas, dan lainnya.

Sebelumnya, Kantor SAR Pontianak telah membantu pencarian dua kapal motor nelayan beserta ABK yang tenggelam di lokasi berbeda, dampak cuaca buruk sejak Selasa (13/7) malam.

Menurut Yopi, kejadian nahas menimpa dua kapal pencari ikan, yakni KM Bersama IV dan KM Haidan, masing-masing kapal tersebut tenggelam akibat cuaca buruk, sedangkan awak kapal masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

Kepala Kantor SAR Pontianak mengimbau kepada nelayan atau masyarakat yang menggunakan transportasi air, agar memperhatikan kondisi cuaca ketika akan turun ke laut, dan juga melengkapi sarana alat bantu keselamatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kantor SAR Pontianak masih melakukan pencarian terhadap kapal motor nelayan yang tenggelam. Berdasar data sementara, ada sekitar 14 kapal motor nelayan tenggelam, lima di antaranya sudah ditemukan, dan sembilan masih dalam pencarian.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News