Cuaca Ekstrem di Jakarta, Pemprov Ambil Langkah Antisipatif

Cuaca Ekstrem di Jakarta, Pemprov Ambil Langkah Antisipatif
cuaca ekstrem di DKI Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cuaca ekstrem melanda ibu kota mendorong Pemprov DKI Jakarta melakukan langkah antisipasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Isnawa Adji mengatakan pertama dengan menyebarluaskan informasi dini peringatan cuaca dari BMKG kepada masyarakat.

“Selanjutnya pendistribusian sarana dan prasarana penanganan banjir, seperti perahu, ringbouys, jaket pelampung,” kata Isnawa, Sabtu (19/2).

Pihaknya juga berkoordinasi dengan para perangkat daerah lainnya untuk bergerak cepat bila terjadi banjir atau genangan.

Selain itu, BPBD juga melakukan peringatan dini melalui sms blast ataupun DWS bila terjadi kondisi siaga 3, 2, dan 1 kepada masyakat dan aparat  di daerah-daerah yang mungkin terdampak.

“Kami juga mengecek saranan-sarana dan prasana penanganan banjir maupun lokasi pengungsian di wilayah kelurahan,” tuturnya.

Selanjutnya, tim reaksi cepat (TRC) juga disebar ke sejumlah wilayah kota untuk membantu percepatan penanganan dan koordinasi saat terjadi bencana.

“Penyediaan logistik untuk supporting kebutuhan pengungsi berkoordinasi dengan para wali kota sebagai komandan bencana di lima kota dan Pulau Seribu,” tambah Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup itu.

Cuaca ekstrem melanda ibu kota mendorong Pemprov DKI Jakarta melakukan langkah antisipasi dini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News