Cuaca Hari Ini, BMKG Sebut Mayoritas Kota Besar Diguyur Hujan Ringan

Cuaca Hari Ini, BMKG Sebut Mayoritas Kota Besar Diguyur Hujan Ringan
Ilustrasi hujan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan ringan pada Kamis (1/2).

Adapun suhu udara diprakirakan berkisar antara 18 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 60 hingga 100 persen.

"Peningkatan curah hujan yang terjadi di wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa, dan Kalimantan disebabkan oleh meningkatnya Monsun Asia dalam beberapa hari belakangan ini," kata Prakirawan BMKG Kania Mustikawati dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Kamis (1/2).

Kania menuturkan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara didominasi angin yang berasal dari timur laut, dan wilayah selatan didominasi angin dari arah barat dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Kania meminta masyarakat untuk mewaspadai gelombang laut tinggi yang berkisar antara 2,5 hingga 4 meter di wilayah Kepulauan Sangihe, Talaut, dan Samudera Pasifik sebelah utara Halmahera.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di Pulau Sumatra secara umum berupa hujan ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi di Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Padang, dan Jambi.

Hujan lebat hingga hujan disertai petir berpotensi turun di Bengkulu, Bandar Lampung, Palembang, dan Pangkal Pinang. Sementara, cuaca cerah berawan diperkirakan hanya akan terjadi di Banda Aceh.

Di Pulau Jawa, seluruh kota besar berpotensi hujan sedang hingga lebat, kecuali Jakarta yang diprediksi berawan tebal.

BMKG memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan ringan pada Kamis (1/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News