Cuaca Panas Melanda Jakarta, Oh Ternyata

Cuaca Panas Melanda Jakarta, Oh Ternyata
BMKG menyebut Jakarta memasuki musim kemarau pada April. Ilustrasi: Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data yang memperkirakan rata-rata wilayah DKI Jakarta sudah memasuki awal musim kemarau pada April 2022.

Namun, untuk wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akan memasuki awal musim kemarau pada bulan Juni 2022.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta mencatat rentang musim kemarau memberikan dampak kekeringan kepada masyarakat lima tahun terakhir (2017-2021).

Bahkan, Pemprov DKI Jakarta membentuk Satgas Air Bersih pada September 2019 untuk memastikan pasokan air bersih tersedia bagi masyarakat. 

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan untuk mengantisipasi kondisi tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan para Walikota/Bupati.

Hal itu dilakukan untuk menghitung kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang berada di daerah rawan kekeringan.

"Kami di jajaran Pemprov DKI Jakarta saling berkoordinasi untuk mengantisipasi dampak kekeringan akibat musim kemarau, terutama dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA)," ujar Isnawa dalam keterangan resmi, Senin (9/5).

Isnawa menambahkan perusahaan Daerah Air Minum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (PAM JAYA) menyiagakan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan juga mobil-mobil tangki air agar siap memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Jakarta saat terjadi kekeringan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data yang memperkirakan rata-rata wilayah DKI Jakarta sudah memasuki awal musim kemarau pada April.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News