Cuitan Kemenhan Pakai Tagar Prabowo-Gibran Berbuntut Panjang

Cuitan Kemenhan Pakai Tagar Prabowo-Gibran Berbuntut Panjang
Perwakilan Themis Indonesia, Hemi Lavour Febrinandez (kiri), Sekjen PBHI Gina Sabrina (tengah) dan Advokat Themis Indonesia, Ibnu Syamsu Hidayat (kanan) saat melaporkan Kementerian Pertahanan RI terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024 di Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (23/1/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

jpnn.com, JAKARTA - Cuitan Kemenhan memakai tagar Prabowo-Gibran berbuntut panjang.

Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih 2024 melaporkan Kemenhan atas dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu, Selasa.

Kemenhan dilaporkan terkait unggahan di akun resmi media sosial X @Kemhan_RI yang menyertakan tagar #PrabowoGibran2024 pada Minggu (21/1).

Adapun tanda bukti penerimaan laporan ke Bawaslu RI nomor 035/LP/PP/RI/ 00.00/I/2024.

Advokat Themis Indonesia Ibnu Syamsu Hidayat mengatakan pihak terlapor pada perkara ini ialah Kementerian Pertahanan dan pengelola akun tersebut, yakni Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan.

"Kami menilai bahwa di situ ada dugaan penggunaan fasilitas negara," ujar Ibnu di Kantor Bawaslu, Jakarta.

Menurutnya, akun tersebut adalah akun resmi Kementerian Pertahanan yang berfungsi membagikan informasi publik terkait Menteri Pertahanan atau Kemenhan bukan untuk mengampanyekan salah satu pasangan capres-cawapres.

Ibnu menilai penggunaan tagar #PrabowoGibran2024 bertentangan dengan Pasal 280, 282, dan 283 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Oleh karena itu, koalisi berharap Bawaslu RI segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih 2024 melaporkan Kemenhan atas dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News