Curah Hujan di Atas Normal, Waspadai Banjir Kiriman

Curah Hujan di Atas Normal, Waspadai Banjir Kiriman
Curah Hujan di Atas Normal, Waspadai Banjir Kiriman

jpnn.com - BOGOR - Memasuki bulan Oktober, intensitas hujan mulai rutin di Kota Bogor dan sekitarnya. Hampir setiap sore hujan. Makanya, warga di Jakarta dituntut untuk waspada banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat.  

Dari data Stasiun Klimatologi Dramaga, prakiraan awal musim hujan terjadi pada bulan September hingga Oktober 2013/2013. Adapun sifat hujan pada bulan Oktober diperkirakan berada di atas normal (AN)  karena berada di atas 115 derajat.

Kepala Klimatologi Stasiun Dramaga, Nuryadi mengatakan, hujan diperkirakan akan terus mengguyur Kota Bogor. Warga di wilayah rawan bencana diminta waspada. Curah hujan di Bogor diperkirakan bisa mencapai 1900-2400 milimeter (mm). Angka itu merupakan yang tertinggi sejak awal musim penghujan.

"Curah hujan kumulatif selama periode Oktober 2013 memang yang paling tertinggi. Padahal sejauh ini, Bogor hanya pernah diguruh hujan hingga mencapai angka di atas 100 mm," terangnya.

Tingginya intensitas hujan disebabkan potensi awan hujan akibat masih panasnya suhu permukaan Laut Selatan Jawa Barat hingga Lampung. "Tahun 2013 ini memang terjadi perubahan cuaca secara nasional," ujarnya.

Padahal kata dia hingga akhir Juli 2013 kondisi suhu permukaan laut di perairan Indonesia pada umumnya berada pada kondisi netral dengan anomali suhu berkisar -0,5 derajat Celcius. Sementara daerah dengan suhu permukaan laut yang relatif hangat berada di perairan sekitar Jawa dan Nusa Tenggara serta Sulawesi, yang anomali suhu permukaan lautnya mencapai >0,6 derajat C.

"Wilayah perairan sekitar pulau Jawa memang diperkirakan akan tetap hangat hingga November 2013 dengan anomali suhu diatas 0,5 derajat C," bebernya.

Dengan kondisi curah hujan di atas normal itu, warga Bogor diimbau untuk hati-hati. Keberadaan pohon besar yang berada di jalan-jalan utama harus diwaspadai ketika hujan mengguyur.

BOGOR - Memasuki bulan Oktober, intensitas hujan mulai rutin di Kota Bogor dan sekitarnya. Hampir setiap sore hujan. Makanya, warga di Jakarta dituntut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News