Curah Hujan Tinggi, Lima Kecamatan di Agam Diterjang Banjir dan Longsor

Curah Hujan Tinggi, Lima Kecamatan di Agam Diterjang Banjir dan Longsor
Alat berat sedang membersihkan material longsor di Sungai Landia, Kecamatan Ampekkoto, Jumat (20/12). Foto: Dok BPBD Agam

jpnn.com, LUBUKBASUNG - Sebayak lima kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat diterjang banjir dan tanah longsor akibat curah hujan tinggi pada Kamis malam (19/12).

"Ada puluhan titik longsor dan banjir di lima kecamatan itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Syafrizal di Lubukbasung, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa kelima kecamatan itu yakni Palupuh dilanda tanah longsor menutupi badan jalan nasional menghubungkan Bukittinggi menuju Pasaman tepatnya di KM 11 Jorong Batang Palupuh dengan ketinggian dua meter dan panjang 10 meter.

Sedangkan di Kecamatan Tanjungraya dilanda banjir merendam empat unit rumah milik SDN 04 Sungai Rangeh, Nagari Bayua dengan ketinggian 1,5 meter, Kamis (19/12) sekitar pukul 20.30 WIB.

"Banjir juga membawa meterial lumpur merendam lapangan bola voli SDN 04 Sungai Rangeh setinggi tiga meter, menutupi akses jalan sepanjang 100 meter dengan ketinggian 50 centimeter sampai 1,5 meter," katanya.

Selanjutnya, Kecamatan Baso dilanda tanah longsor menutupi badan jalan provinsi di Kelok Manih Nagari Koto Tinggi, Kamis (19/12) sekitar pukul 22.00 WIB dengan panjang 13 meter dan ketinggian tiga meter.

Material tanah longsor juga menutupi badan jalan di Lurah, Nagari Simarasok Kecamatan Baso sepanjang lima meter dengan ketinggian satu meter.

Meterial longsor yang membawa pohon menutupi akses jalan kabupaten di Jorong Baruah, Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso sepanjang 10 meter dengan ketinggian empat meter sehingga jalan tidak bisa dilewati kendaraan.

Sebayak lima kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat diterjang banjir dan tanah longsor akibat curah hujan tinggi pada Kamis malam (19/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News