Cuti Bersama Lebaran Ditambah, Ini Rincian Hari Libur 2018

Cuti Bersama Lebaran Ditambah, Ini Rincian Hari Libur 2018
Cuti Bersama Lebaran 2018 ditambah menjadi 7 hari. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cuti bersama lebaran 2018 ditambah tiga hari, setelah revisi surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri tentang cuti bersama dan libur nasional diteken, Rabu (18/4).

”Salah satu pertimbangan ditambahkan cuti bersama Idul Fitri adalah untuk mengurai arus lalu lintas sebelum dan sesudah mudik lebaran. Sehingga cukup waktunya bagi masyarakat untuk bersilaturahmi dengan keluarganya yang ada di luar kota,” kata Menko PMK Puan Maharani dalam konferensi pers seusai rapat.

Penandatanganan revisi dilakukan Menteri Agama Lukman Saifuddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Asman Abnur dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga ikut hadir. Sebab tidak bisa dipungkiri jika Kemenhub terlibat dalam mengatur lalu lintas.

Melalui revisi ini, cuti bersama Idul Fitri yang sebelumnya empat hari berubah menjadi 7 tujuh hari. Secara keseluruhan, Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2018 sebanyak 24 hari.

Dengan rincian Hari Libur Nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak delapan hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dan Hari Raya Natal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ditemui dalam acara yang sama berharap dengan keputusan penambahan cuti bersama pada libur Idul Fitri akan dapat mengurai arus lalu lintas baik arus mudik maupun arus balik tahun ini.

”Pengaturan ini membuat libur lebih tenang. Melengkapi keputusan itu saudara-saudara kita bisa libur atau pulang sejak Sabtu atau Minggu (9-10 Juni). Ini harapannya arus lalu lintas akan lebih terurai dengan banyak hari libur,” tutur Budi.

Dengan jumlah hari libur yang semakin panjang, maka arus mudik ini akan tersebar ke beberapa hari dan tidak menumpuk hanya di dua hari sebelum lebaran seperti tahun yang lalu. (lyn/tau)

Cuti bersama Lebaran 2018 ditambah, dari empat hari menjadi tujuh hari, untuk mengurai arus lalu lintas di masa mudik lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News