Daerah Ini Dipantau Ketat Akibat Peningkatan Kasus Covid-19

Daerah Ini Dipantau Ketat Akibat Peningkatan Kasus Covid-19
Pemerintah memantau ketat 16 kabupaten dan kota yang terindikasi mengalami kenaikan kasus Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memantau ketat 16 kabupaten dan kota yang terindikasi mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan beberapa daerah yang dipantau ketat antara lain Kabupaten Fakfak di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Purbalingga di Provinsi Jawa Tengah.

Menurut dia, kedua daerah itu mengalami peningkatan angka kasus Covid-19 selama empat pekan berturut-turut walaupun angka peningkatannya tergolong kecil.

Kemudian, Kabupaten Lampung Utara, yang tercatat mengalami peningkatan angka kasus Covid-19 selama tiga pekan berturut-turut.

Selain itu, Budi Gunadi menyebut pemantauan dilakukan pada 16 kabupaten dan kota lain yang mengalami peningkatan kasus COVID-19 selama dua pekan berturut-turut.

"Kami melihat kota-kota yang ada kenaikan disiplin tracing (pelacakan) kontak erat dan melakukan testing bagi orang yang didefinisi sebagai kontak erat sudah sangat rendah," katanya.

Menkes pun mengimbau semua pimpinan daerah, bupati, wali kota, agar selalu meningkatkan dan menjaga disiplin tracing dan testing.

"Ini sangat penting untuk bisa mencegah adanya gelombang baru (penularan Covid-19)," imbuh Budi Gunadi.

Pemerintah memantau ketat 16 kabupaten dan kota yang terindikasi mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News