Daerah Ini Nihil Kasus Covid-19, Silakan Dicontoh

Daerah Ini Nihil Kasus Covid-19, Silakan Dicontoh
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen dalam diskusi oleh Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Kamis (15/10). Foto: ANTARA/Prisca Triferna

jpnn.com, JAKARTA - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, hingga kini bebas kasus COVID-19.

Meski demikian, masyarakat Kabupaten Sitaro tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Walaupun kasusnya nihil, tapi masyarakat tetap harus patuh protokol kesehatan, jadi tidak bisa lalai semua dalam aktivitas keseharian, harus protokol kesehatan," kata Bupati Sitaro Evangelian Sasingen dalam diskusi oleh Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (15/10).

Penerapan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau 3M terutama wajib dilaksanakan di tempat-tempat ramai.

Meskipun kebanyakan aktivitas masyarakat daerah itu adalah bertani dan nelayan, tetapi 3M juga tetap dijalankan.

Menurut Evangelian, masyarakat diminta tetap melaksanakan 3M terutama memakai masker saat berada di luar rumah atau saat berada di dalam rumah ketika kondisi tubuh sedang tidak baik.

Meski saat ini tidak memiliki kasus aktif COVID-19, sempat muncul kasus positif pertama daerah itu di akhir Mei 2020 yang disebabkan kluster pasar. Saat itu, pemerintah daerah langsung bergerak cepat menutup pasar untuk disterilkan.

Gugus tugas lokal langsung melakukan pelacakan kontak di setiap kelurahan untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Meski nihil kasus Covid-19, masyarakat di daerah ini tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News