Daerah Punya Kalkulasi Sendiri

Daerah Punya Kalkulasi Sendiri
Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba berbincang dengan pedagang beras saat Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Induk Beras Cipinang, Kamis (25/2). FOTO: DOK.DPD RI for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba menegaskan bahwa pemerintah perlu menghitung secara cermat kebutuhan beras nasional. Mengingat, kebijakan impor beras untuk operasi pasar di setiap daerah akan berbeda-beda, tergantung dari jumlah stok dan kebutuhan di setiap daerah.

“Bukan hanya di Jakarta, untuk pengadaan stok atau pengadaan impor harus memikirkan daerah-daerah lain. Tidak boleh disamakan, (jumlah) impor di Jakarta boleh untuk impor di pulau-pulau di Indonesia Timur, atau di Indonesia bagian barat atau di Kalimantan. Karena daerah mempunyai perhitungan dan kalkulasi sendiri,” ujar Parlindungan Purba saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Beras Cipinang, Kamis (25/2).

Dengan dicermati kembali kebijakan impor beras, Parlindungan berharap agar para petani di daerah dapat terlindungi. Menurutnya, dengan adanya kebijakan impor justru bisa melemahkan harga produk lokal, yang berimbas pada menurunnya kesejahteraan para petani.

“Bulog harus mempunyai kebijakan untuk melindungi masyarakat petani. Bulog tidak hanya melakukan impor beras, tetapi memanfaatkan daerah-daerah sebagai kantong beras dibandingkan bergantung pada impor beras,” katanya.(fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News