Daftar 15 Wilayah yang Berpotensi Dilanda Banjir Rob, Simak!

Daftar 15 Wilayah yang Berpotensi Dilanda Banjir Rob, Simak!
BMKG menginformasikan bahwa sebanyak 15 wilayah di Indonesia berpotensi dilanda banjir rob pada 30 Mei - 07 Juni 2022. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa sebanyak 15 wilayah di Indonesia berpotensi dilanda banjir rob pada 30 Mei - 07 Juni 2022.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan banjir rob tersebut disebabkan adanya peningkatan ketinggian pasang air laut.

"Adanya fase bulan baru pada tanggal 30 Mei 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut," kata Eko dalam keterangan tertulis, Senin (30/5).

Eko menambahkan potensi banjir rob diprediksi berlangsung dalam waktu yang berbeda di tiap wilayah. 

"Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," ujar Eko.

Berikut daftar 15 wilayah di Indonesia yang berpotensi dilanda banjir rob tersebut:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

BMKG menginformasikan bahwa sebanyak 15 wilayah di Indonesia berpotensi dilanda banjir rob pada 30 Mei - 07 Juni 2022, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News