Daftar Tunggu Haji Panjang, Jamaah Pilih Umrah

Daftar Tunggu Haji Panjang, Jamaah Pilih Umrah
Daftar Tunggu Haji Panjang, Jamaah Pilih Umrah
JAKARTA - General Manager Biro Perjalanan Haji dan Umrah PT Kafilah Cahaya Utama, Dien Triwati Ande mengatakan, lamanya daftar tunggu keberangkatan calon jamaah haji Indonesia ke Arab Saudi berpengaruh terhadap jumlah jamaah umrah Indonesia dari tahun ke tahun.

"Dua tahun terakhir terjadi peningkatan sekitar 30 hingga 40 persen jumlah jamaah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi," kata Dien Triwati Ande, di sela-sela pertemuan jajaran Direksi Dar Al-Eiman Company (perusahaan perhotelan terbesar di Mekah dan Madinah) dengan ratusan biro perjalanan haji dan umrah Indonesia, di hotel Mulya, Senayan Jakarta, Selasa (8/5).

Salah satu penyebab utama naiknya jumlah jamaah umrah, menurut Dien Triwati Ande yang akrab disapa Iyut itu, karena lamanya daftar tunggu calon jamaah haji diberangkatkan. Sebagai gambaran, calon jamaah haji yang mendaftar pada 2012 ini dipastikan berangkat 5 hingga 8 tahun ke depan.

"Karena terlalu lama menunggu, calon jamaah haji lebih memilih untuk melaksanakan umrah saja terlebih dahulu dan trend ini meningkat dari tahun ke tahun," ungkap Iyut.

JAKARTA - General Manager Biro Perjalanan Haji dan Umrah PT Kafilah Cahaya Utama, Dien Triwati Ande mengatakan, lamanya daftar tunggu keberangkatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News