Daging Meugang Rp 120 Ribu Per Kilogram

Daging Meugang Rp 120 Ribu Per Kilogram
Daging Meugang Rp 120 Ribu Per Kilogram

jpnn.com - BANDA ACEH - Jelang meugang Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah, harga daging di beberapa daerah di Aceh mengalami kenaikan. Namun kenaikan ini masih dianggap wajar bagi warga dan tetap membelinya untuk mencukupi kebutuhan selama perayaan hari besar tersebut.

 

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Banda Aceh, Bachtiar S Sos menyampaikan untuk persediaan daging meugang, tersedia 211 ekor sapi, 17 kerbau dan 13750 ekor unggas di wilayah kota Banda Aceh. Lokasi penjualannya tersebar di 9 Kecamatan dalam kota Banda Aceh.

Sementara untuk harga daging sapi dan kerbau yang dijual pedagang berkisar antara Rp 90.000 sampai Rp 120.000/kg, tergantung dari kualitas daging. Sementara untuk harga kambing Rp 50.000 sampai Rp 80.000/kg dan unggas Rp 30.000 sampai Rp 70.000/ekor.

Dikatakan Bachtiar, ada sebanyak 852 ekor hewan qurban tersedia di daerah ini untuk mencukupi kebutuhan Idul Adha 1434 Hijriah. "Dari 9 Kecamatan yang ada di Banda Aceh diperkirakan tersedia hewan qurban sebanyak 852 ekor hewan qurban, dengan rincian 739 ekor Sapi dan 113 ekor kambing," ungkapnya.

Besaran jumlah tersebut, merupakan data yang mereka kumpulkan dari Gampong-gampong di Banda Aceh. "Data ini bisa saja bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah masyarakat yang akan berqurban,” jelas Bachtiar.

Sementara itu, harga daging meugang di wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya diperkirakan mencapai Rp 120 ribu perkilogram. Harga daging itu masih stabil dan belum ada lonjakan yang berarti. Dipastikan harganya masih sama seperti meugang Idul Fitri beberapa bulan lalu dan meugang puasa.

“Harga daging meugang belum ada lonjakan yang signifikan, masih stabil dengan harga antara Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu perkilogram,”ucap Zainal (34) seorang pedagang daging di Pasar Inpres Kota Lhokseumawe, saat dikonfirmasi Rakyat Aceh (Grup JPNN), kemarin.

BANDA ACEH - Jelang meugang Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah, harga daging di beberapa daerah di Aceh mengalami kenaikan. Namun kenaikan ini masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News