Dahlan Iskan: Gus Dur yang Membuat Jenny Widjaya Pulang ke Indonesia

Oleh: Dahlan Iskan

Dahlan Iskan: Gus Dur yang Membuat Jenny Widjaya Pulang ke Indonesia
Dahlan Iskan bersama pemilik Restoran Sagolicious Jenny Widjaya (kanan). Foto: Disway

jpnn.com, JAKARTA - Dahlan Iskan menulis kisah Jenny Widjaya kembali ke Indonesia setelah mengungsi ke Tiongkok seusai kerusuhan Mei 1998.

Ketika itu Jenny sudah dua tahun di Beijing. Dia mulai kerasan di sana, bahkan telah bersuami.

Menurut Dahlan, Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur-lah yang membuat Jenny Widjaya pulang ke Indonesia. Secara tidak langsung.

"Mungkin Jenny tidak akan jadi pelopor mie sagu seperti sekarang kalau Gus Dur tidak jadi presiden Indonesia," tulisan Dahlan, Disway edisi Senin (14/11).

Konon Jenny ikut menggerakkan masyarakat Indonesia di Beijing untuk menyambut kedatangan Presiden Abdurrahman Wahid di ibu kota Tiongkok itu pascareformasi.

Jenny kala itu juga mengajak teman-temannya di Beijing untuk ikut parade. Mereka orang Korea, Jepang, dan Thailand.

"Mereka saya minta pakai pakaian adat suku-suku di Indonesia. Saya pinjam pakaian daerah itu dari kedutaan Indonesia," demikian Dahlan menulis perkataan Jenny.

Melalui tulisan berjudul Jenny Mei, kolumnis kondang itu menulis bahwa perempuan itu ikut mengungsi ke Tiongkok akibat kerusuhan Mei 1998.

Dahlan Iskan berkata mungkin Jenny Widjaya tidak akan jadi pelopor mie sagu seperti sekarang kalau Gus Dur tidak jadi presiden Indonesia. Begini ceritanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News