Dahlan Iskan: Tol Sumbar Tunggu Persetujuan Presiden

Dahlan Iskan: Tol Sumbar Tunggu Persetujuan Presiden
Dahlan Iskan: Tol Sumbar Tunggu Persetujuan Presiden
PADANG--Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan memastikan pembangunan jalan tol Sumbar tetap bakal direalisasikan. Pengerjaan jalan tol di Sumbar tinggal tunggu tandatangan persetujuan Presiden. Untuk pengerjaan proyek pembangunan jalan tol, tidak dikerjakan oleh investor, namun ditangani langsung Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jika persetujuan presiden telah dikantongi, maka BUMN akan memulai pembangunan proyek jalan tol tersebut. Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap persetujuan presiden terhadap proyek pembangunan jalan tol tersebut dapat segera ditandatangani.

"Saat ini, rencana proses pembangunan jalan tol di Sumbar sedang dalam proses. Seluruh persyaratannya telah dipenuhi, tinggal tunggu tandatangan presiden saja. Kalau itu selesai, maka pembangunan jalan tol sudah dapat dimulai. Ada kebijakan baru presiden, dimana untuk pembangunan infrastruktur tidak hanya menggunakan satu tangan, tapi dua tangan," ujar Meneg BUMN, Dahlan Iskan kepada wartawan, Senin (29/4) usai peresmian terminal Peti Kemas Pelabuhan Teluk Bayur.

Ia menyebutkan, maksud dua tangan adalah pembangunan infrastruktur tidak hanya lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), tapi juga lewat BUMN. Jika menggunakan dana APBN, harus melalui proses politik yang panjang, pembicaraan alot dan lobi-lobi. Jikapun proyek pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan itu akan tetap dilaksanakan, namun waktu yang dibutuhkan relatif lebih panjang.

Sementara itu, jika pembangunan infrastruktur lewat BUMN, tak membutuhkan proses politik yang panjang serta pembicaraan yang yang panjang. Ini telah dibuktikan dengan modernisasi Pelabuhan Teluk Bayur Padang. Dimana saat tahun 2011, dimulai upaya modernisasi dan selesai tahun 2012. Sekarang tahun 2013 sudah selesai dan dapat dirasakan hasilnya yakni zero timing time untuk kapal sandar di pelabuhan. "Ibarat tubuh, jika yang bekerja itu dua tangan, maka hasilnya tentu lebih cepat. Kalau hanya mengandalkan tangan kanan (APBN,red) hasilnya butuh waktu untuk dilihat," ucapnya.

PADANG--Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan memastikan pembangunan jalan tol Sumbar tetap bakal direalisasikan. Pengerjaan jalan tol di Sumbar tinggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News