Dahnil dan Ahmad Fanani Coreng Wajah Bersih Muhammadiyah

Dahnil dan Ahmad Fanani Coreng Wajah Bersih Muhammadiyah
Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq. Foto: jawapos

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Ahmad Fanani telah mencoreng wajah organisasi yang selama ini terjaga dari kasus korupsi.

Dahnil diminta menghadapi semua proses hukum di Polda Metro Jaya. Sedangkan Fanani disarankan untuk tidak maju sebagai kandidat ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah.

Aktivis Muhammadiyah Ahmad Rofiq mengatakan, selama ini organisasinya itu tidak pernah terlibat suatu kasus korupsi dan perkara pidana lainnya. Namun, kedua orang itu telah mencederai nama baik yang selama ini turun-temurun dijaga oleh sesepuh di Muhammadiyah.

"Mau di Muhammadiyah, di Ortom, enggak pernah ada kasus. Ini adalah pertama kali dan menurut saya dia telah membawa Muhammadiyah dalam konteks ini. Ya, harus segera dia selesaikan dan tanggung jawab," kata Ahmad di Rumah Pemenangan Jokowi - Ma'ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Senin (26/11).

Di Muhammadiyah, kata sekretaris jenderal Perindo ini, korupsi adalah tabu dan aib yang sangat besar. Meski belum terbukti kedua orang tersebut melakukan korupsi, tetapi menurut Rofiq, keduanya sudah sadar akan kesalahan saat mengembalikan uang Rp 2 miliar ke Kemenpora.

"Dia mengeluarkan uang. Kalau dia tidak mengembalikan uang, pasti menimbulkan multitafsir, apakah ini kriminalisasi, apakah ini korupsi. Tetapi ketika dia mengembalikan uang, berarti ada yang salah," jelas Rofiq.

Rofiq sendiri menyarankan PP Pemuda Muhammadiyah tidak meloloskan Fanani sebagai kandidat ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah. Mantan ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini meminta Fanani menyelesaikan kasusnya dan membiarkan organisasi dipimpin oleh orang yang bersih dari kasus.

"Panitia pemilihan itu harus memberikan ketegasan soal pencalonan ini. Layak atau tidak layak. Dan peserta muktamar juga bisa menyampaikan aspirasi. Kami enggak bisa membiarkan kebatilan itu terus menerus berjalan, sementara kebatilan itu ada di depan mata kita. Jadi ini saat yang tepat bersih-bersih di Pemuda Muhammadiyah," kata Rofiq.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Ahmad Fanani telah mencoreng wajah Muhammadiyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News