Dalih Shin Tae Yong Ngebet Sandy dan Jordi Dinaturalisasi

Dalih Shin Tae Yong Ngebet Sandy dan Jordi Dinaturalisasi
Shin Tae Yong. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengungkapkan alasannya mengapa perlu melakukan naturalisasi. Dia mengincar pemain-pemain yang punya darah keturunan Indonesia sudah bisa tampil di Piala AFF 2022 yang bakal digelar pada November sampai Desember nanti.

"Naturalisasi itu sangat membantu dan bisa jadi nomor satu (juara, red) di Piala AFF," kata Shin Tae Yong seusai memaparkan progres naturalisasi ke Menpora Zainudin Amali, Kamis (10/2).

Dua nama yang dibahas dalam rapat paparan soal rencana naturalisasi ini ialah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Dua pemain tersebut memang sudah tidak muda, namun perannya dibutuhkan untuk lini belakang Indonesia.

Shin Tae Yong pun mengakui ada empat nama yang diusulkan, tetapi hanya dua yang bersedia dinaturalisasi yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sementara Kevin Diks dan Mees Hilgers tak diizinkan oleh orang tuanya untuk menjadi WNI meski punya darah Indonesia.

"Saya rekomendasi sekali pemain itu karena di tim masing-masing menjadi pemain utama dan kualitas sangat bagus dan luar biasa. Maka itu saya rekomendasi mereka ke pak Menpora," terangnya.

Keyakinan Shin Tae Yong bahwa sepak bola Indonesia butuh naturalisasi untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara setelah melatih Indonesia selama dua tahun. Dia menilai, hanya pemain naturalisasi yang bisa membantu mendorong sepak bola tanah air lebih baik.

"Secara pribadi, pemain naturalisasi (yang diajukan, red) akan sangat membantu untuk timnas dan sepak bola Indonesia," tandasnya. (dkk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Shin Tae Yong menegaskan bahwa pemain yang bakal dinaturalisasi punya kualitas dan pemain utama di liga top Eropa, bukan pemain asal-asalan


Redaktur : Adil
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News